Jenis Manfaat Cokelat

Jenis Manfaat Cokelat

 Rasa cokelat di pengaruhi oleh kualitas biji cocoa, lama waktu pemanggangan dan jumlah tahapan lain dalam proses produksi.


1.Couveture

Merupakan jenis coklat terbaik karena murni dan presentasi lemak kakonya sangat tinggi. Biasanya digunakan untuk cokelat buatan tangan dengan cara dilelehkan dulu.


2.Cokelat tawar

Digunakan untuk kue, cake, dan makanan ringan lainya. Presentasi masa kakako antara 30 - 70 persen.


3. Milk chocolate

Merupakan campuran gula, kakao, cokelat cair, susu dan vanila. Coklat jenis ini paling banyak dikonsumsi. Masa kakao hanya 20 persen. Bukanlah pilihan yang baik untuk membuat kue karena kandungan cokelatna relatuf sedikit dan mudah hangus bila dilelehkan.


4.White chocolate

Tidak mengandung massa kakao tinggi (30 persen) sehingga kandungan flanolnya hanya sedikit. Mengandung banyak gula, susu, lesitin dan vanila yang dapat menyebakan kerusakan gigi dan diabetes. Cokelat ini kerap digunakan untuk dekorasi. Cokelat putih bahkan tidak dianggap cokelat karana kuranganya padatan lemak kakao.


5. Dark chocolate

Warna lebih gelap, rasa lebih pekat dan lebih berkhasiat bagi kesehatan. Memiliki kandungan kakao paling tinggi yaitu paling sedikit 70% dan tanpa gula dan tanpa lemak jenuh. Biasanya digunakan untuk celupan kacang, dan buah segar atau kering.


6. Cokelat Cair

Merupakan produk minuman yang mengandung massa kako dan kadar gula tinggi. Namun kandungan flavonoid di kakao berperan sebagai antioksidan, menetralkan efek-efek buruk dari radikal bebas.


Kandungan cokelat

Cokelat mengandung Alkaloid

Cokelat mengandung alkaloid-alkaloid seperti teobromin, fenetilamina, dan anandamida, yang memiliki efek fisiologis untuk tubuh.

Kandungan-kandungan ini banyak dihubungkan dengan tingkat serotonin dalam otak.

Menurut ilmuwan, cokelat yang dimakan dalam jumlah normal secara teratur dapat menurunkan tekanan darah.

Cokelatin Kamis, 19 April 2018 Cokelatin Update

Bagikan Post

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar