Manfaat Cokelat Untuk Kesehatan

Manfaat Cokelat Untuk Kesehatan

Hampir semua orang menyukai cokelat. Rasanya yang manis dan enak untuk dimakan di saat apapun membuat orang yang mengonsumsinya menjadi ketagihan. Selain itu cokelat yang ada di dunia ini pun sangat beragam, sehingga kandungan, manfaat, dan efek yang diberikan terhadap tubuh berbeda-beda. Ingin tahu lebih lanjut tentang kandungan cokelat dan efeknya pada tubuh kita? Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

Kandungan Kalori pada Cokelat

Setiap 1 ons cokelat pada umumnya mengandung 8,5 gram lemak dan 150 kalori. Kandungan gula pada cokelat susu dan cokelat putih lebih banyak dibandingkan dengan kandungan gula pada cokelat murni sehingga jumlah kalori yang terkandung pada cokelat susu dan cokelat putih pun lebih banyak. Jadi, jika kamu ingin menikmati cokelat tanpa khawatir akan kenaikan berat badan, sebaiknya kamu memilih jenis cokelat murni atau dark chocolate.

Kandungan Flavonoid

Pernah mendengar tentang flavonoid? Flavonoid merupakan senyawa metabolit sekunder ,beberapa  golongan flavonoid yang terdapat pada coklat yaitu katekin, epikatekin, dan procyanidin yang dapat berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas. Kandungan yang terdapat pada Holisticare EsterC ini juga berperan dalam menurunkan tekanan darah dan kolesterol, serta meningkatkan fungsi kognitif otak.

Flavonoid terkandung di bahan pembuat cokelat, yaitu biji kakao. Semakin hitam sebuah cokelat, maka semakin tinggi tingkat flavonoid di dalamnya. Jadi, kandungan flavonoid dalam cokelat murni lebih tinggi dibandingkan dengan cokelat susu. Sayangnya, antioksidan ini tidak terkandung dalam cokelat putih karena cokelat putih tidak mengandung biji kakao.

Kandungan Phenethylamine

Tahukah kamu bahwa cokelat bisa membuat bahagia? Ya, tak hanya nikmat, cokelat juga memiliki kandungan phenethylamine yang mendorong produksi hormon-hormon bahagia, seperti endorfin dan dopamin. Jadi, jika kamu merasa susasana hati sedang menurun, tak ada salahnya untuk memanjakan diri dengan sebatang cokelat favoritmu. Kandungan phenethylamine yang terkandung di dalamnya membuat cokelat dikenal sebagai antidepresan alami.

Kandungan Mineral

Mengudap cokelat murni dan cokelat susu bisa memberimu asupan mineral esensial, seperti zat besi, magnesium, tembaga, dan mangan. Adapun kandungan susu yang cukup banyak di dalam cokelat putih bisa memberikan asupan kalsium untuk tubuhmu. Mineral-mineral tersebut baik untuk pembentukan sel darah merah, kekebalan tubuh, juga untuk menjaga kesehatan tulang.

Untuk manfaat kesehatan, cokelat murni memang pilihan yang paling baik. Meski begitu, jika dikonsumsi secara berlebihan, cokelat murni juga tetap bisa menimbulkan kenaikan berat badan. Agar kamu bisa mendapatkan manfaat kesehatan dari cokelat tanpa khawatir kegemukan, konsumsilah cokelat dalam jumlah sedang, yaitu sebanyak 30 gram per hari.

 

Cokelatin Selasa, 06 Februari 2018 Cokelatin Update

Bagikan Post

Komentar

  • Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar